Aliansi Organis Indonesia (AOI) sedang mengembangkan pasar online bernama BIOmart. Dengan adanya pasar online ini, AOI berharap bisa memperluas pangsa pasar produk organik anggotanya dengan publikasi dan garansi dari AOI.
AOI sebagai sebuah perkumpulan dengan anggota yang tersebar di seluruh Indonesia mempunyai potensi varian produk orgaik yang sangat beragam mulai dari tanaman pangan, hortikultura, perikanan, dan produk liar dan layak untuk dipasarkan.
“Dengan adanya market online ini bisa menjadi salah satu strategi marketing atau pemasaran yang berkelas dan berdampak luas melihat daya beli masyarakat yang tinggi terutama konsumen yang sudah sadar akan pentingnya produk organik baik untuk kesehatan tubuh dan lingkungan,” jelas Rizki Ratna, Manajer BIOmart di Bogor baru-baru ini. Selain itu, bisa membuka peluang untuk melahirkan kerjasama dengan banyak pihak lain, lanjutnya.
Walaupun pangsa pasar organik masih merupakan niche market, namun kesadaran konsumen untuk membeli produk organik dengan harga yang relatif lebih tinggi ini pada umumnya meningkat seiring dengan meningkatnya umur, pendapatan dan tingkat pendidikan.
Sebagai langkah awal, produk yang akan dipasarkan online adalah produk yang sudah siap jual, artinya produk dengan kualitas dan kemasan yang baik. Saat ini produk dari Sahani Yogyakarta, SPTN HPS Yogyakarta, dan Katari Malang-lah yang baru mulai dipasarkan. Produk organik anggota AOI yang lain siap menyusul. (ANP/SNY)
Sumber: http://www.organicindonesia.org