TC Kebun Polikultur (TCSS)

TC PPPT Mangga Dua

Info Desa

Our Supporting Partners

Past Supporting Partners & Experience

Majalah/Newsletter

Hasil Riset

Modul Polikultur

Buku

Tim Abdimas FISIP USU Lakukan Pelatihan Perumusan Peraturan Desa

01/09/2020 , , , , ,

Foto bersama Ketua Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU), Februati Trimurni, M.Si, Ph.D, Sekretaris Dinas PMD Deli Serdang, Drs. Sahlan Marpaung, dan Iswan Kaputra, M.Si, fasilitator dari Bina Keterampilan Pedesaan (BITRA) Indonesia, usai pelatihan penyusunan regulasi desa. |

Pagar Merbau | Deli Serdang

Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) FISIP USU yang diketuai oleh Dra Februati Trimurni, MSi, PhD yang beranggotakan Dra Hardiana Marhaeni Munthe, MSi dan Dr Bengkel, MSi melakukan pelatihan tentang Perumusan Peraturan Desa di Desa Sidoharjo I Pasar Miring, Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (30/08/2020).

Pelatihan ini dilakukan selama dua hari dimulai Sabtu-Minggu, tanggal 29-30 Agustus 2020, dan bertempat di Aula Desa Sidoharjo I Pasar Miring.

Pelatihan ini sendiri merupakan bagian dari kegiatan Penguatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan BPD dalam Pembentukan dan Penyusunan Regulasi Tingkat Desa. Acara ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Deli Serdang, Drs Sahlan Marpaung, Ketua Abdimas FISIP USU, Februati Trimurni, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat serta satu kegiatan dari rangkaian program pendampingan desa sejak kesepakatan kerjasama dengan Pemerintahan Desa sebagai mitra sejak bulan Mei 2020.

Ketua Abdimas yang juga sebagai dosen pada jurusan Admininstrasi Publik, Universitas Sumatera Utara ini menyampaikan bahwa sejak desa diatur dalam UU tersendiri (UU No. 6 Tahun 2014), posisi desa sebagai daerah otonom lebih kuat dan perencanaan pembangunan desa lebih terarah. Untuk menegaskan posisinya sebagai daerah otonom serta perencanaan pembangunan lebih berkesinambungan peraturan desa dan peraturan pelaksana lainnya mutlak diperlukan.

Oleh karenanya pelatihan tentang mekanisme dan perumusan peraturan desa seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas pemerintahan desa dan juga unsur lainnya di tingkat desa. Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melalui Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Deli Serdang, Drs Sahlan Marpaung menyambut baik pelaksanaan acara ini serta mengharapkan kegiatan seperti ini ke depan dapat diperluas ke desa lainnya dalam wilayah Kabupaten Deli Serdang.

Beliau pada kesempatan ini juga menyampaikan bahwa pemerintah desa bersama BPD sejak saat ini sudah dapat melakukan pencacahan atau tabulasi terhadap sektor-sektor prioritas yang memerlukan pengaturan tersendiri dalam Peraturan Desa.

Sektor prioritas ini antara lain pada sektor ekonomi atau pembangunan infrastuktur seperti pertanian yang dapat mendukung peningkatan ekonomi masyarakat.

Pelatihan ini sendiri menghadirkan narasumber baik dari unsur pemerintah daerah, pengerak partisipasi masyarakat dan dari lembaga swadaya masyarakat yang memiliki reputasi dalam program pendampingan desa.

Narasumber dari BITRA Indonesia, Iswan Kaputra, MSi menyampaikan materi terkait dengan mekanisme, tata cara dan legal drafting peraturan desa. Narasumber ini memberikan materi pelatihan secara partisipatif dengan kemampuan menggali informasi dan juga membuat skala prioritas tentang sektor-sektor prioritas yang segera dibuat dalam Peraturan Desa di Desa Sidoharjo I Pasar Miring.

Kepala Desa Sidoharjo I Pasar Miring, Santoso S.Sos, SH dalam penutupan acara menyampaikan bahwa para peserta pelatihan telah menunjukkan komitmennya mengikuti acara ini yang ditunjukkan oleh kehadiran peserta 100% dan tepat waktu serta antusiame mereka dalam mengerjakan tugas selama pelatihan dan pro-aktif dalam diskusi kelompok.

“Peserta antusias dalam pelatihan ini, kehadiran 100%, aktif berdiskusi dan mengerjakan tugas yang diberikan narasumber”, ujarnya.

Lebihlanjut ditambahkan, “kami berharap USU pada tahun depan dapat melakukan pendampingan seperti ini, bukan saja terkait dengan Perdes tapi pada sektor lain yang lebih luas seperti pendampingan tentang manajemen pemerintahan, pelatihan pertanian organik, pelayanan publik atau sektor lainnya”.

Sejumlah pihak menyambut baik kegiatan pelatian perumusan peraturan desa. Selain dapat menambah wawasan dan peningkatan Sumber Daya Manusia atau SDM juga akan menjadikan anak bangsa cerdas. (KRO/RD/BALDI).

Sumber: https://radarindo.co.id/2020/08/31/headline/tim-abdimas-fisip-usu-lakukan-pelatihan-perumusan-peraturan-desa/

Search

Arsip

Desa Penerap SID di Sumut

Data Kelompok

Kab/Kota Lk Pr Jlh Jlh Kel
Langkat 173 142 315 12
Binjai 26 31 57 3
Deli Serdang 783 766 1549 31
Serdang Bedagai 815 620 1435 49
Tebing Tinggi 36 126 162 5
Batu Bara 26 170 196 5
Lab Batu Uatara 490 306 796 2
Jumlah 2349 2161 4510 107