TC Kebun Polikultur (TCSS)

TC PPPT Mangga Dua

Info Desa

Our Supporting Partners

Past Supporting Partners & Experience

Majalah/Newsletter

Hasil Riset

Modul Polikultur

Buku

Peluncuran Gerakan Menabung & Budidaya Ikan Air Tawar Organik

01/05/2019 , , , ,

Pangkalan Brandan | Minggu 28 April 2019 |

Komunitas Suara Teluk Aru (STAR) menggelar acara peluncuran program terbaru Gerakan Menabung Rp 2000,- per hari dan peluncuran program Budidaya Ikan Air Tawar dengan sistem tekhnologi bio maxi plus. Acara yang digelar di studio radio komunitas STAR FM tersebut di hadiri oleh ratusan keluarga besar komunitas STAR, pengurus Serikat Rakyat Binjai-Langkat (SERBILA) dan tamu undangan lainnya.

“Tujuan dari gerakan menabung merupakan upaya kominitas STAR untuk membangkitkan kesadaran dan mengajak masyarakat serta menggaungkan sadar menabung, sadar masa depan, khusus bagi keluarga besar STAR.” Demikian dioaparkan Dewan Pendiri STAR, Sukrisnur Atok Labu, dalam pidatonya.

“Masyarakat yang bergabung dengan program menabung bersama komunitas STAR akan disediakan celengan setiap bulannya. Masyarakat akan diingatkan untuk menabung di rumah setiap hari melalui siaran radio STAR FM 107,7 Mhz. Setelah satu bulan berjalan maka celengan akan dibawa ke pertemuan bulanan komunitas STAR untuk ditabungkan pada CU STAR MANDIRI, sebagai unit simpan pinjam dan ekonomi kolektif komunitas STAR.” Tambah Atok, panjang lebar.

Komunitas STAR yang erletak di desa Tangkahan Durian, Kecamatan Brandan Barat, Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat ini memang telah hampir 3 tahun berdiri sebagai wadah atau paguyuban masyarakat dalam bentuk komunitas, STAR juga memiliki berbagai kegiatan seperti, penyelenggaraan penyiaran komunitas, pengembangan usaha kecil mikro (UKM) pertanian dan budidaya, pengembangan kesehatan alternatif dan selaras alam, pengembangan ekonomi kolektif dan simpan pinjam credit union, pengembangan pemberdayaan perempuan dan ekonomi kreatif, pusat belajar Rumah Qur’ani dan perpustakaan Pelita Star, dan pusat pengembangan bakat dan potensi Talenta Star.

“Gerakan Menabung Rp 2000,- per hari berada di bawah bidang pengembangan ekonomi kolektif dan simpan pinjam credit union (CU) Star Mandiri. Beberapa keuntungan yang diperoleh para penabung yang tergabung dalam CU Star Mandiri, antara lain, anggota berhak mendapatkan pinjaman modal usaha sebesar maksimal 3 kali lipat dari simpanannya, mendapatkan keuntungan dari jasa pinjaman kolentif dan juga pinjaman pribadi dalam satu tahun, Mendapatkan keuntungan dari hasil pengembangan usaha yang dijalankan CU Star Mandiri dalam satu tahun dan anggota berhak mengelola secara bersama-sama dalan mengelola pengembangan usaha dari CU Star Mandiri.” Papar Atok lagi.

Selanjutnya inovasi terbaru dari program usaha komunitas STAR yang juga diluncurkan pada kesempatan ini adalah budidaya ikan air tawar dengan menggunakan tekhnologi biomaxi plus. Ini merupakan tekhnologi budidaya yang menerapkan sistem budidaya organik. Pengelolaan budidaya yang efesien. Kolam dengan ukuran minimal 2 x 2 meter mampu menampung 5 – 6 ribu ekor ikan lele. Tidak membutuhkan lahan yang luas. Hemat pakan. Meminimalkan potensi kegagalan dan memaksimalkan keuntungan bagi para pelaku budidaya. “Usaha budidaya ini juga merupakan program pengembangan usaha dari CU Star Mandiri.” Tambah Atok lagi.

Acara yang diawali dengan syukuran atas suksesnya pelaksanaan pemilu serentak 2019 dan sekalian juga menyambut datangnya bulan suci ramadhan tersebut ditutup pada pukul 14.00 WIB dengan makan bersama. Acara yang ditutup dengan do’a, ucapan rasa syukur dan harapan agar program-program baik yang diluncurkan ini dapat berjalan dengan baik, berkembang dan menjadi inspirasi bagi masyarakat juga kelompok-kelompok masyarakat lainnya. (Ed: Isw)

Sumber: http://securaiselatan.sideka.id/2019/05/01/louncing-program-gerakan-menabung-budidaya-ikan-air-tawar-organik/

Search

Arsip

Desa Penerap SID di Sumut

Data Kelompok

Kab/Kota Lk Pr Jlh Jlh Kel
Langkat 173 142 315 12
Binjai 26 31 57 3
Deli Serdang 783 766 1549 31
Serdang Bedagai 815 620 1435 49
Tebing Tinggi 36 126 162 5
Batu Bara 26 170 196 5
Lab Batu Uatara 490 306 796 2
Jumlah 2349 2161 4510 107