TC Kebun Polikultur (TCSS)

TC PPPT Mangga Dua

Info Desa

Our Supporting Partners

Past Supporting Partners & Experience

Majalah/Newsletter

Hasil Riset

Modul Polikultur

Buku

Baksos Kesehatan Tradisional: Tingkatkan Pemahaman & Pengobatan Swadaya Masyarakat

28/03/2019 , , ,

Sergai | 26 Maret 2019 | Quadi Azam

Guna memberikan pemahaman dan pengetahuan singkat tentang pengobatan dalam bentuk akupresure juga agar dapat memotivasi peningkatan praktik akupresure dilingkungan masyarakat khususnya di desa Lestari Dadi, BITRA Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Penyehat Alternatif Sumatera Utara (APASU) dan Pemerintah Desa (Pemdes) Lestari Dadi, Kec. Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan Tradisional dengan memberikan pengobatan dalam bentuk akupresure, jamu dan herbal secara gratis kepada masyarakat, terutama masyarakat di desa Lestari Dadi dan sekitarnya.

“BITRA Indonesia berkomitmen menggerakkan masyarakat untuk dapat menjadi pengobat bagi masyarakat lain yang mengalami sakit.” Kata Restu Aprianta Tarigan, Wakil Direktur BITRA Indonesia, dalam sambutan yang diberikan pada pembukaan kegiatan Baksos tersebut. “Pengobatan alternatif secara tradisional adalah satu satu bentuk pengobatan yang alamiah dan lebih terjangkau. Pengobatan alternatif ini sudah berkembang begitu pesat di masyarakat, untuk itu, BITRA Indonesia hadir melakukan pendampingan dalam rangka memperkuat eksistensi pengobat tradisional di tengah-tengah masyarakat”. Lanjut Anta.

“Untuk itu kami mengajak semua masyarakat di Desa Lestari Dadi agar datang ke Balai Desa untuk bisa belajar sekaligus mencoba secara gratis pengobatan tradisional akupresure dari APASU yang hadir saat ini. Silahkan bagi Bapak/Ibu yang mengalami keluhan seperti sakit lambung, kepala pusing dan lainnya agar  datang ke Balai Desa Lestari Dadi, agar dapat diterapi secara Akupresure. Harapannya masyarakat kita di Desa ini dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk konsultasi sekaligus belajar terkait pengobatan tradisional dengan para peraktisi APASU,” ungkapnya.

“Penyakit sekarang ini terus berkembang sedemikian rupa, penting sekali melakukan pencegahan dan pengobatan secara tradisional. Karena selain murah juga mudah di jangkau oleh kita, hari ini Bapak dan Ibu silahkan berkonsultasi dan mencoba pengobatan akupresure di Balai Desa ini. Kita pemerintah Desa sangat mendukung dan terus mendorong agar BITRA Indonesia selalu membantu dan menguatkan kami masyarakat dari berbagai hal. Kebetulan untuk kegiatan pengobatan tradisional baru ini yang pertama di Desa kami. Sebelumnya kegiatan BITRA tentang penguatan pertanian dan tata pemerintahan desa.” Ungkap Kepala Desa Lestari Dadi, Hermanto, dalam pidatonya sekaligus membuka acara.

“Terimakasih kami ucapkan kepada BITRA Indonesia yang telah memberikan pelajaran sekaligus kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat desa Lestari Dadi. Mulai tahun 2012 desa ini telah bekerjasama dengan BITRA dalam pembangunan desa maupun sumber daya manusianya, bahkan saya pernah dikirim oleh BITRA untuk mengikuti pelatihan tentang hukum dan kegatan itu sangat bermanfaat bagi kami.” Tambah Pak Kades.

Maka untuk itu, kepada Bapak/Ibu tidak usah sungkan-sungkan menyampaikan keluhannya. Itu penting agar para peraktisi APASU kita yang hadir sekarang ini dapat menuliskan dan memberikan pengobatan secara tradisional. Harapannya kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, dan dapat bermanfaat banyak bagi masyarakat di Desa ini.

“Kami dari perwakilan Pukesmas sangat mendukung kegiatan ini, apalagi misinya adalah pencegahan dini penyakit. Karena kita dari pukesmas juga mendorong agar mesyarakat lebih baik melakukan upaya pencegahan penyaki dari pada melakukan pengobatan.” Sambut Basma Ginting perwakilan Pukesmas Kecamatan Pegajahan yang juga datang dan bergabung dalam Baksos Kesehatan ini.

“Selain pengobatan tradisional ini, perlu juga saya ingatkan agar Bapak dan Ibu untuk dapat hadir di Balai Desa ini melaksanakan senam sehat dan sekaligus konseling pada kami terkait perkembangan kesehatan Bapak dan Ibu, masyarakat Desa Lestari Dadi. Harapannya kegiatan ini bisa memiminimalisir perkembangan penyakit dan mampu meningkatkan kesadaran kita tentang pentingnya hidup sehat. Ungkapnya.” Tambah Basma.

Kegiatan Basos ini diikuti oleh 100 orang yang terdiri dari praktisi penyehat dari APASU, pegawai Pukesmas, pegawai Pemerintah Desa, Perwakilan BITRA Indonesia serta masyarakat yang melakukan pengobatan alternatif atau pengobatan tradisional. Baksos juga membuka meja khusus untuk check darah secara gratis dari pukesmas kecamatan Pegajahan. (QA)

Search

Arsip

Desa Penerap SID di Sumut

Data Kelompok

Kab/Kota Lk Pr Jlh Jlh Kel
Langkat 173 142 315 12
Binjai 26 31 57 3
Deli Serdang 783 766 1549 31
Serdang Bedagai 815 620 1435 49
Tebing Tinggi 36 126 162 5
Batu Bara 26 170 196 5
Lab Batu Uatara 490 306 796 2
Jumlah 2349 2161 4510 107