TC Kebun Polikultur (TCSS)

TC PPPT Mangga Dua

Info Desa

Our Supporting Partners

Past Supporting Partners & Experience

Majalah/Newsletter

Hasil Riset

Modul Polikultur

Buku

Bupati Sergai: Keberadaan SID Segera Dievaluasi

07/11/2018 , , , ,

Audiensi Combine RI dan BITRA Indonesia dengan Bupati Serdang Bedagai, Selasa, 6 Nop 2018. di Kantor Bupati, Sei Rampah.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman berikan apresiasi kepada Yayasan BITRA Indonesia dan CRI. Hal ini merupakan langkah yang patut untuk diapresiasi. Namun semua itu perlu dilakukan evaluasi tentang pengembangan sistem informasi desa (SID) ketahap lebih lanjut. Seperti halnya yang ada di Desa Tanjung Harap, Kecamatan Serbajadi yang telah melakukan promosi dan penjualan produk-produk masyaakat desa lewat SID dan hasilnya banyak sekali permintaan dari masyarakat dari luar desa.

Hal ini tentu berdampak positif pada peningkatan perekonomian masyarakat desa tersebut. Ujar Bupati di depan pengurus Bina Keterampilan Pedesaan (BITRA) Indonesia, Medan dan Combine Resource Institution (CRI), Yogyakarta yang beraudensi, Selasa (6/11/2018),

Terkait dengan revolusi industri 4.0, tentu kita semua dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi. Beberapa waktu yang lalu, jajaran Pemkab Sergai melakukan lawatan ke Pemkot Bandung untuk mengadopsi e-SAKIP dan Whistle Blowing System (WBS). Hal ini merupakan salah satu upaya dalam menciptakan tatanan pemerintahan yang baik dan bersih. Dengan adanya pertemuan ini Bupati Soekirman berharap SID yang ada di Sergai dapat di evaluasi dan SID akan membawa dampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat Sergai. Ungkapnya.

“Kita mengharapkan seluruh desa yang ada di Sergai, sebanyak 237 desa sudah menggunakan SID. Sekarang ini ada 131  desa yang sudah dilatih untuk penggunaan dan pengembangan SID. Kedepannya diharapkan desa-desa lainnya segera menyusul untuk memanfaatkan teknologi dengan membangun SID di daerahnya.

Terkait dengan SID, pada tatanan pemerintahan desa dituntut dapat menyajikan data dan informasi secara akurat, namun yang terjadi masalah saat ini adalah penginputan data yang sama dengan sistem aplikasi yang berbeda.

Dalam hal ini tentunya Dinas Kominfo sangat berperan terhadap sistem informasi yang terjadi dengan konsep menuju satu data. Untuk itu, antar OPD seperti Bappeda, PMD dan Kominfo harus benar-benar bersinergi, agar cita-cita menuju satu data terintegrasi dapat diwujudkan, jelas Direktur Pelaksanan BITRA Indonesia, Rusdiana Adi, dihadapan Bupati.

Diungkapkannya, bahwa tujuan Yayasan BITRA Indonesia menggandeng CRI, kepada Bupati Soekirman, Rusdiana mengatakan bahwa, Yayasan BITRA merupakan mitra CRI dalam mengimplementasikan SID di Sumatera UTara yang kini juga telah dikembangkan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Awalnya BITRA belajar SID kepada CRI Jogja dan kini telah kami terapkan di Sergai.

Saat ini BITRA dan CRI sedang mengupdate informasi dan perkembangan terkait dengan SID. Harapannya ke depan ada tindaklanjut yang lebih berkembang lagi tentang jaringan SID yang dapat terintegrasi dengan sistem informasi dan data di tingkat kabupaten yang kita sebut “Sikab” yang telah diterapkan oleh kabupaten Gunung Kidul. Ungkap Rusdiana.

Hadir pada audiensi dari Pemkab Sergai, antara lain Plt Asisten Pemum, Drs Herlan Panggabean, Kadis PMD, Drs Dimas Kurianto, SH, Kepala Bappeda, Ir Hj Prihatinah, M.Si, Sekretaris Kominfo, Hj Dra Syahriati Lubis. Dari CRI, sebuah lembaga sumberdaya jaringan informasi berbasis komunitas di Yogyakarta, Elanto Wijoyono, Manajer Unit Pengelolaan  dan M. Amrun. Dari BITRA Indonesia, Iswan Kaputra, Mhd. Ikhsan, H. Fachri. (R-03)

Sumber: http://www.sinarsergai.com/2018/11/bupati-sergai-soekirman-keberadaan-sid.html

Search

Arsip

Desa Penerap SID di Sumut

Data Kelompok

Kab/Kota Lk Pr Jlh Jlh Kel
Langkat 173 142 315 12
Binjai 26 31 57 3
Deli Serdang 783 766 1549 31
Serdang Bedagai 815 620 1435 49
Tebing Tinggi 36 126 162 5
Batu Bara 26 170 196 5
Lab Batu Uatara 490 306 796 2
Jumlah 2349 2161 4510 107