TC Kebun Polikultur (TCSS)

TC PPPT Mangga Dua

Info Desa

Our Supporting Partners

Past Supporting Partners & Experience

Majalah/Newsletter

Hasil Riset

Modul Polikultur

Buku

SPR Sejahtera Terima BPJS Ketenagakerjaan bagi 1,348 Anggota

28/01/2018 , , , ,

Sejak di deklarasikan 3 tahun lalu, Serikat Pekerja Rumahan (SRP) Sejahtera, Sumatera Utara yang anggotanya terdiri dari 1,348 perempuan pekerja rumahan, dari puluhan sektor jenis pekerjaan, seperti; pengepak kertas, pengupas bawang, penggunting cabe, penggunting tali selop, pengupas udang, penjahit majun, penjahit dompet, pengepak dupa, pengepak blau, pembungkus pipet, penganyam kawat panggangan ikan dan yang lainnya, di Sumatera Utara, punya agenda yang diperjuangankan. Antara lain, Terbitnya Peraturan Daerah (Perda) Provinsi untuk perlindungan pekerja rumahan, peraturan yang melindungi mereka di tingkat nasional, memperjuangankan kesejahteraan dengan berkelompok ekonomi kolektif Credit Union (CU), mendapatkan jaminan sosial, kesehatan dan perlindungan tenaga kerja, berhimpun dalam serikat untuk kekuatan dan perjuangan kesejahteraan lainnya.

Perjuangan ini dilatar-belakangi kondisi pekerja rumahan di Sumatera Utara sangat menyedihkan. Selain upah yang minim, awalnya hampir semua para pekerja rumahan tidak mendapat perlindungan kerja, jaminan sosial, tunjangan hari besar atau hari raya (THR), serta hak-hak lainnya sebagai pekerja. Bahkan pekerja rumahan tidak dianggap sebagai pekerja.

Erika Rosmawaty Situmorang, pendamping pekerja rumahan dari BITRA Indonesia menyatakan, pada umumnya para pekerja rumahan ini adalah kaum perempuan dari keluarga miskin. Dalam menyelesaikan pekerjaannya mereka, tidak jarang mereka terpaksa melibatkan keluarga, bahkan anak. “Padahal pekerjaan mereka penuh risiko. Selain tidak ada jaminan sosial, sistem pengamanan/keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja (K3)-pun tidak ada. Jika dikaji, mayoritas mereka ini mengambil upahan dari perusahaan besar, hanya sedikit sekali yang mengambil pekerjaan dari usaha kecil menengah (UKM). Tapi begitulah, kehidupan mereka sangat miris, malah ada upahnya yang masih Rp 2.700 per hari. Untuk itu, kami memohon pada para pihak memahami fakta agar isu pekerja rumahan mendapat perhatian dari berbagai pihak, terutama pemerintah dan pengambil kebijakan lain,” ujar Erika, mengungkapkan kondisi pekerja rumahan pada Bitranet, tahun lalu.

BITRA Indonesia melakukan pendampingan agar pekerja rumahan sadar bahwa sebagai pekerja mereka juga punya hak normatif pekerja. Begitu juga penting peningkatan kemampuan dan daya pikir kritis, peningkatan kapasitas para pekerja rumahan supaya mereka bisa melakukan negosiasi langsung dengan pihak pemberi kerja. “Meskipun negosiasi ada yang berhasil ada juga yang tidak, setidaknya kini para (pekerja rumahan) sudah bisa mulai berbicara pada pihak yang berkompeten. Pelan-pelan sudah ada kenaikan upah, setelah adanya negosiasi,” ujar Erika.

Sejalan dengan perkembangan eksistensi, keaktifan dan hubungan kemitraan yang luas, SPR Sejahtera akhirnya mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Gubernur Tengku Erry Nuradi, bersama Bapak Sumarjono (Direktur BPJS RI), Umardin Lubid (Kakanwil BPJS Sumut), dan Kepala Disnaker Sumut, secara simbolik menyerahkan kartu kepesertaan BPJS Ketenaga Kerjaan kepada 1,348 orang perempuan pekerja rumahan anggota SPR Sejahtera pada tanggal 27 Januari 2018 di Lapangan Halaman Istana Maimun, Medan.

Perjuangan untuk skema kerja sama dengan berbagai pihak ini telah dilakukan cukup lama, yakni pengusulan dilakukan dengan kerja sama BITRA Indonesia, SPR Sejahtera, Disnaker Sumut mengajukan usulan pada BPJS dalam skema program Gerakan Nasional Lingkaran BPJS Keteraga Kerjaan. Penerimaan kartu BPJS bagi 1,348 pekerja rumahan ini termasuk skema yang unik, sebab iuran BPJS berasal dan dibayar oleh Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Sumut. (Isw)

Search

Arsip

Desa Penerap SID di Sumut

Data Kelompok

Kab/Kota Lk Pr Jlh Jlh Kel
Langkat 173 142 315 12
Binjai 26 31 57 3
Deli Serdang 783 766 1549 31
Serdang Bedagai 815 620 1435 49
Tebing Tinggi 36 126 162 5
Batu Bara 26 170 196 5
Lab Batu Uatara 490 306 796 2
Jumlah 2349 2161 4510 107