TC Kebun Polikultur (TCSS)

TC PPPT Mangga Dua

Info Desa

Our Supporting Partners

Past Supporting Partners & Experience

Majalah/Newsletter

Hasil Riset

Modul Polikultur

Buku

SID Pemicu Kemajuan Desa

13/10/2017 , , ,

Sistem Informasi Desa (SID) merupakan alat atau sistem yang dapat memicu kemajuan desa. “SID sangat perlu dalam pembangunan desa, SID dapat dijadikan alat untuk menemukenali dan menggali potensi desa, sehingga desa dapat menambah pendapatan asli desa (PAD). Selain itu, SID juga dapat membantu dan mempermudah Pemerintah Desa dalam melayani masyarakat”. Demikian disampaikan Ahmad Einsten, Kepala Bappeda Batu Bara pada sambutannya membuka kegiatan Evaluasi Progress SID Kabupaten Batu Bara, Rabu, 11/10/2017 di Aula Kantor Bupati Batu Bara.

Kegiatan yang berlangsung satu hari penuh ini digelar oleh Bappeda Batu Bara dalam rangka menindaklanjuti pelatihan pembangunan dan pengembangan SID yang telah dilaksanakan pada Februari 2017 lalu. “Kegiatan digelar agar 15 desa yang telah dilatih dapat melanjutkan pembangunan SID di desanya, sementara bagi desa yang pembangunan SIDnya sudah selesai, agar lebih mengembangkan dan meningkatkan fungsinya untuk kemajuan desa dan masyarakatnya”, demikian ditambahkan Rubianto Siboro, Kabid Sosbud Bappeda Batu Bara, selaku pelaksana kegiatan.

Dari pantauan jurnalis warga desa Kampung Lalang, peserta yang terdiri dari operator SID dan Jurnalis Warga terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan. Bahkan semua peserta berkomitmen akan melanjutkan dan mengembangkan SID di desanya masing-masing.

Havis, tim SID desa Kampung Lalang menyatakan, “progres SID di Batu Bara masih terkesan jalan di tempat. Dari 15 desa yang telah dilatih, baru 4 desa yang online, sisanya masih offline dan belum selesai pembangunannya. Namun ada desa yang sudah cukup maju, yakni Desa Pakam dan desa Durian”, ungkapnya.

Kegiatan dimulai dengan penggalian masalah yang dihadapi desa, difasilitasi oleh Diana Adi dari Bina Keterampilan Pedesaan (BITRA) Indonesia, Medan. “Rata-rata masalah yang dihadapi adalah, perangkat komputer atau laptop yang rusak atau berpindah tangan setelah di instalkan aplikasi SID, masalah data kependudukan yang belum selesai terinput dan masalah kesulitan membuat berita oleh jurnalis warga”. Ungkap Diana.

Menteri dilanjutkan oleh M. Ikhsan, fasilitator yang juga berasal dari BITRA, dengan materi teknis pembangunan, pengembangan SID dan pembagian ulang bahan-bahan soft copy pelatihan. Sedangkan Iswan K, juga fasilitator dari BITRA, mengingatkan kembali materi penulisan dan membuat berita.

“Meskipun sudah ada yang lari kencang, namun sebahagian lagi terkesan masih lamban progress pembangunan dan pengembangan SID bagi 15 desa ini. Padahal dengan SID pembuatan surat-surat desa yang di urus warga bisa cepat, hanya 2 menit, dengan demikian, pelayanan desa kepada warga akan jauh bisa lebih efektif,” pungkas Diana.

(Sofyan, Jurnalis Warga Desa Kampung Lalang)

Search

Arsip

Desa Penerap SID di Sumut

Data Kelompok

Kab/Kota Lk Pr Jlh Jlh Kel
Langkat 173 142 315 12
Binjai 26 31 57 3
Deli Serdang 783 766 1549 31
Serdang Bedagai 815 620 1435 49
Tebing Tinggi 36 126 162 5
Batu Bara 26 170 196 5
Lab Batu Uatara 490 306 796 2
Jumlah 2349 2161 4510 107