TC Kebun Polikultur (TCSS)

TC PPPT Mangga Dua

Info Desa

Our Supporting Partners

Past Supporting Partners & Experience

Majalah/Newsletter

Hasil Riset

Modul Polikultur

Buku

Cek Lingkungan Sistem untuk Akurasi Data dalam AKP

29/04/2016 , , ,

image

Dalam proses berjalannya pendataan AKP (Analisis Kemiskinan Partisifatif) Desa Tanjung Harap, Kec Serbajadi, Serdang Bedagai yang dimulai sejak senin (18/4) hingga sabtu (30/4) mendatang, tim pelaksana yang terdiri dari 6 orang kader desa, melakukan survey orang miskin di desa, dari rumah kerumah.

“Model pendataan AKP yang sederhana mampu menyimpan potensi sumber data yang sangat luas, lengkap dan terbuka. Tim AKP yang mendapat mandat dari desa akan menggali data kemiskinan dari setiap warga sesuai dengan indikator-indikator kemiskinan yang disusun warga secara partisipatif. Masing-masing warga harus menyimak pernyataan dari warga yang lain.” Sebut M. Taufik Nasution, sebagai tim pelaksana AKP.

Senada dengan Taufik, Helmi Fachri, Ketua Tim AKP menyebutkan, “kalaupun ada pernyataan warga yang tidak benar atau meragukan, tim pelaksana wajib mengoreksinya  melalui warga yang lainnya (tetangga) atau sistem ricek. Karena tujuan dari AKP ini sendiri adalah bagaimana pemerintahan desa mempunyai sebuah database kemiskinan yang didapat dari masyarakat sendiri dan kedepannya berguna sebagai basis data untuk pembangunan dan pemberdayaan terhadap masyarakat miskin agar dapat mengurangi angka kemiskinan di desa.” Ucap pria yang akrab dipanggil Fachri, ini.

“Sayangnya, tidak semua warga desa Tanjung Harap yang masuk kedalam data dasar kemiskinan bersikap jujur, masih ada sebagian yang berusaha untuk berbohong dengan apa yang dimilikinya, belum lagi ada warga yang secara langsung meminta masuk dalam daftar warga yang disurvey karena merasa dirinya miskin. Padahal dalam sosialisasi sebelumnya telah dijelaskan pendataan kali ini tidak berarti mengubah penerima bantuan yang telah ditetapkan sebelumnya tetapi sebagai rujukan setiap kebijakan desa ataupun pemberdayaan agar bisa tepat sasaran. Hal ini tentunya menjadi tugas penting tim pelaksana untuk melakukan cek lingkungan, agar kuisioner yang diisi tepat dan akurat.” Imbuh Fachri.

Sementara, Siti Nurliah, salah satu dari dua perempuan Tim pelaksana AKP desa Tanjung Harap, mengatakan, “saat dilakukan survey, beberapa kali ditemukan adanya responden (warga desa) yang kurang jujur dan cek lingkungan pada tetangga sekitar menjadi sistem ricek yang dapat menperbaiki data warga yang kurang jujur. Hal ini cukup efektif untuk mengoreksi kondisi responden sebenarnya.” Kata Siti.

“Untuk itulah dalam pelaksanaan survey AKP sangat diperlukan proses cek lingkungan. Cek lingkungan sendiri bertujuan untuk mengoreksi dengan harapan mengetahui keadaan atau kondisi responden yang sesungguhnya. Dengan cara pendataan kemiskinan yang partisipatif metode AKP ini, data yang terhimpun bisa lebih terpercaya. Sehingga tidak ada ketimpangan data lagi.” Pungkas Siti.

M S Putra, Jurnalis Warga Desa Tanjung Harap, Serbajadi, Sergai.

Sumber: http://tanjungharap.pe.hu/index.php/first/artikel/180

Search

Arsip

Desa Penerap SID di Sumut

Data Kelompok

Kab/Kota Lk Pr Jlh Jlh Kel
Langkat 173 142 315 12
Binjai 26 31 57 3
Deli Serdang 783 766 1549 31
Serdang Bedagai 815 620 1435 49
Tebing Tinggi 36 126 162 5
Batu Bara 26 170 196 5
Lab Batu Uatara 490 306 796 2
Jumlah 2349 2161 4510 107