TC Kebun Polikultur (TCSS)

TC PPPT Mangga Dua

Info Desa

Partners

Past Supporting Partners & Experience

Majalah/Newsletter

Hasil Riset

Modul Polikultur

Buku

Seminar Kedaulatan Pangan & Pameran Produk Organik Sumut

30/10/2013 , ,

Seminar-HPS-2013Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) yang jatuh pada tanggal 16 Oktober 2013 yang lalu, Yayasan Bina Keterampilan Pedesaan (BITRA) Indonesia melakukan kegiatan seminar Kedaulatan Pangan dan Pameran Produk Pertanian Organik di Kantor Badan Ketahanan Pangan (BKP) Propinsi Sumatera Utara pada hari ini, Senin 28 Oktober 2012.

Acara ini diselenggarakan atas kerjasama BITRA Indonesia dan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Sumut dan kolaisi NGO yang eksis di bidang pertanian, seperti KSPPM Parapat, PETRASA Dairi, YAPIDI Pancur Batu, Pelpem GKPS Siantar, Parpem Ate Keleng Sibolangit, Walhi Sumut, SINTESA. Adapun tema seminar adalah ‘Sistem Pangan Berkelanjutan untuk Pemenuhan Pangan dan Nutrisi’.

Selaku Ketua Divisi Advokasi Yayasan BITRA Indonesia yang juga bertindak sebagai ketua Panitia Pelaksana, Hawari Hasibuan mengatakan bahwa peringatan HPS ini dimulai sejak Food and Agriculture Organization (FAO) menetapkan World Food Day melalui resolusi PBB No.1 tahun 1979 di Roma, Italia.

Beras-Organik-2“Dimana tanggal 16 Oktober 1981 yang bertepatan dengan terbentuknya FAO juga disepakati sebagai Hari Pangan Sedunia. Sehingga seluruh negara anggota FAO termasuk juga Indonesia selalu memperingati HPS secara Nasional pada setiap tahun” terang Hawari.

Hawari juga menambahkan bahwa penyelenggaraan HPS di Indonesia dijadikan momentum dalam meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dan para stakeholder terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi, baik bagi masyarakat Indonesia maupun dunia. Yang mana rangkaian kegiatan peringatan HPS tersebut diharapkan dapat menstimulasi peningkatan pemahaman dan kepedulian terhadap penyediaan pangan, melalui berbagai kegiatan seperti seminar, pengabdian masyarakat, gelar pengembangan teknologi, perlombaan dan tour diplomatik bagi para Kedubes negara luar negeri bagi Indonesia.

Melihat hal tersebut BITRA selaku salah satu lembaga swadaya masyarakat yang eksis dalam bidang pertanian masyarakat pedesaan memanfaatkan hari tersebut untuk dapat saling berbagi ilmu tentang pertanian dengan melakukan seminar Kedaulatan Pangan dan Produk Pertanian di Kantor Badan Ketahanan Pangan Propinsi Sumatera Utara yang berada di Jalan Jend. A.H. Nasution No.24 Medan pada Senin, 28 Oktober 2013.

Adapun yang menjadi tujuan dilakukannya seminar tersebut adalah mengkampanyekan tentang hak atas pangan sebagai hak dasar manusia. Selain itu juga untuk dapat mensosialisasikan tentang dampak kerusakan lingkungan, konflik agraria dan konversi lahan tanaman pangan terhadap ketahanan pangan. serta membahas tentang kebijakan perlindungan lahan tanaman pangan sebagai upaya menuju kemandirian pangan.

Muatan kritis dalam seminar yang diselenggarakan adalah seputar penyebab ancaman krisis pangan, antara lain masalah bencana iklim, bencana ekologi, minimnya kases petani terhadap lahan pertanian, regulasi yang tidak diimplementasikan dan kealpaan pemerintah dalam perlindungan pertanian. Para pembicara dalam seminar adalah Dr. Setia Negara dari Fak. Pertanian Univ. Sumatera Utara (USU), Suyono mewakili Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumut dan Iswan Kaputra (peneliti dari BITRA Indonesia). (Ilham Pane)

Sumber: Harian Jurnal Asia.

Search

Arsip

Desa Penerap SID di Sumut

Data Kelompok

Kab/Kota Lk Pr Jlh Jlh Kel
Langkat 173 142 315 12
Binjai 26 31 57 3
Deli Serdang 783 766 1549 31
Serdang Bedagai 815 620 1435 49
Tebing Tinggi 36 126 162 5
Batu Bara 26 170 196 5
Lab Batu Uatara 490 306 796 2
Jumlah 2349 2161 4510 107