TC Kebun Polikultur (TCSS)

TC PPPT Mangga Dua

Info Desa

Our Supporting Partners

Past Supporting Partners & Experience

Majalah/Newsletter

Hasil Riset

Modul Polikultur

Buku

PKRD Walhisu, Kuatkan Kader Lingkungan

16/06/2013 , ,

image

Perjuangan membela hak-hak rakyat yang termarjinalkan, termasuk dalam melakukan advokasi terhadap isu-isu lingkungan, sejatinya membutuhkan kader-kader yang militan. Kader-kader yang memiliki semangat juang yang tinggi dan pantang menyerah, alias tidak cepat berputus asa saat menghadapi berbagai rintangan.

Karna itu, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sumut merasa terpanggil dan perlu untuk melakukan upaya penguatan kemampuan para kader/aktivis lingkungan tersebut, terutama yang berada dalam jaringan Walhi.

Demikian harapan dan optimisme Kusnadi, Direktur WALHI Sumut, saat membuka Pelatihan Kader Rakyat Dasar (PKRD) pada Senin (10/6) di Mess Pemkab Pakpak Bharat, Simpang Pemda, Medan. Menurut Kusnadi, kegiatan ini merupakan upaya WALHI Sumut dalam rangka mendesak pemerintah Sumatera Utara lebih peduli terhadap pendidikan lingkungan, sekaligus merespon peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2013 yang jatuh pada tanggal 5 Juni, tahun ini bertema “Think-Eat-Save”.

Melalui PKRD ini diharapkan muncul kader-kader yang punya integritas dalam melakukan perjuangan pembelaan hak-hak rakyat yang termarginalkan dan sebagai wakil pembelaan lingkungan yang tidak dapat berbicara secara verbal (seperti pohon, satwa, air, udara, tanah), pesan Kusnadi dalam rilis persnya.

Kegiatan PKRD ini berlangsung pada 10 s/d 14 Juni 2013, yang diikuti 31 peserta dari berbagai organisasi, seperti Barsdem, Bestari, Binayasa, Bilah Foundation, Bitra Indonesia, CCE, Daya Lestari, Elsaka, Eltrans, FJPI Sumut, Gemma, KALI, Kompas USU, LAPK, LBH, LKAR, Mapala FH USU, Perkumpulan PALAPA, PKPA, Pusaka Indonesia, Repala Indonesia, Suluh, Teplok, Wabpis, Walhi, YBAI, dan YEL.

Sebagai pembicara pada pelatihan ini, yaitu dari Walhi Nasional (Oslan Purba), Walhi Cultural (Sukirman, Effendy Panjaitan, Safaruddin Siregar, Job Rahmad Purba, Swaldi), Dewan Nasional (Ibrahim Nainggolan), Dewan Daerah (Hawari Hasibuan, Bekmi Darusman Silalahi, Marjoko, Jhon Edward  Hutajulu), Direktur Kontras Sumut (Hardensi), Mantan anggota KPU (Turunan B Gulo), serta Hakim adhoc (Daulat Sihombing), papar Ketua Panitia Pelaksana Dana Tarigan (Manajer Advokasi dan Kampanye Walhi Sumut).

Adapun materi yang disampaikan dalam PKRD tersebut adalah orientasi pendidikan, intelektual organik, filsafat perjuangan rakyat, sejarah masyarakat Indonesia, politik agraria, membangun kampanye kreatif, ekologi politik, politik HAM dan demokrasi, pembebasan nasional, penyelidikan sosial, pengorganisasian rakyat, dan konsolidasi gerakan lingkungan.

Kualitas massa yang memiliki kesadaran politik, lebih lanjut Direktur Walhi Sumut Kusnadi menjelaskan, tujuan dilaksanakannya PKRD ini adalah untuk memunculkan kader-kader yang mau untuk melakukan advokasi lingkungan. Kemudian meningkatkan kemampuan peserta pelatihan dalam melihat dan menganalisis kondisi kongkrit masyarakat di dalam membangun, memperbaharui dan memperluas organisasi massa. Selain itu, untuk mempertinggi capaian perjuangan politiknya yang ditunjukkan dengan kualitas massa yang memiliki kesadaran politik dan organisasi yang maju.

Jadi, harapan kami, setelah mengikuti PKRD ini, para kader: (1) tidak mudah diprovokasi oleh pihak lain baik dengan berbagai tipu daya, siap berdialog dengan siapa pun, mengutamakan alasan-alasan ilmiah, nyata dan masuk akal, bukan sikap reaksioner dan temperamental;  (2) percaya pada kerja kolektif, tidak egois (mau menang sendiri atau mengutamakan kekuatan sendiri), tetapi memunculkan sikap setia kawan dan selalu bekerjasama dengan kader lain dalam menyelesaikan masalah;  (3) tidak patah semangat karena intimidasi dan teror. Selalu mencari alternatif pemecahan masalah di tengah tekanan yang menimpanya; dan (4) punya semangat dalam melakukan kerja-kerja yang berkelanjutan dari waktu ke waktu, sabar dalam proses pencapaian tujuan dan tidak mudah putus asa, paparnya. (juhendri)

Search

Arsip

Desa Penerap SID di Sumut

Data Kelompok

Kab/Kota Lk Pr Jlh Jlh Kel
Langkat 173 142 315 12
Binjai 26 31 57 3
Deli Serdang 783 766 1549 31
Serdang Bedagai 815 620 1435 49
Tebing Tinggi 36 126 162 5
Batu Bara 26 170 196 5
Lab Batu Uatara 490 306 796 2
Jumlah 2349 2161 4510 107