TC Kebun Polikultur (TCSS)

TC PPPT Mangga Dua

Info Desa

Our Supporting Partners

Past Supporting Partners & Experience

Majalah/Newsletter

Hasil Riset

Modul Polikultur

Buku

SAR FM, MENCERDASKAN MASYARAKAT LEWAT FREKUENSI

24/04/2012 , ,

Kalau para penggemar radio memasuki Kabupaten Serdang Bedagai, tentu telinganya akan dimanjakan dengan suara-suara apik dari SAR (Suara Akar Rumput) FM. Yakni sebuah radio komunitas yang beralamat di Dusun II Desa Sei Sijenggi No.113 Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Tak heran karena radio yang bersiaran pada kanal 107,9 Mhz ini memiliki jangkauan siar di beberapa kecamatan. Seperti Kec. Perbaungan, Kec. Pegajahan, Kec. Teluk Mengkudu, Kec. Pantai Cermin, dan Kec. Sei Rampah. Adapun format siaran berupa hiburan (30 %), berita (10 %), informasi (20 %), pendidikan (20 %), agama (10 %), olah raga (5 %), dan iklan layanan masyarakat (5%).

Sekilas SAR FM
Menurut Yusrizal, ketua SAR FM, berdirinya radio komunitas SAR FM ini adalah berkat sumbang pemikiran satu kelompok masyarakat di Desa Sei Sijenggi, Kecamatan Perbaungan, kabupaten Serdang Bedagai. Kelompok ini dulunya bernama Bina Karya, sekarang “Serikat Petani Serdang Bedagai (SPSB)”.

Tepatnya 5 Mei 2007, di rumah pak Asriadi, salah seorang warga Desa Sei Sijenggi yang menjadi ketua kelompok tersebut, Radio SAR FM ini digagas. Ketika itu anggota kelompok ina Karya membahas tentang betapa pentingnya media informasi yang murah dan efektif. Hal ini untuk menunjang program pengembangan masyarakat Sei Sijenggi, yang rata-rata bergerak di bidang pertanian. Lantas program pun difokuskan pada persoalan masyarakat seperti program pertanian organik, pompanisasi, kesehatan selaras alam, penguatan organisasi rakyat dan pengembangan masyarakat tentang media informasi.

Tak cuma masyarakat Desa Sei Sijenggi, masyarakat dari beberapa desa yang berdekatan (sejangkau siar) juga sangat mendukung kehadiran media infomasi ini, yang tertuang dalam lembar dukungan masyarakat. Dan awal 2009 terlaksanalah proses pembangunan radio, dari tempat sampai peralatannya.

Kini, radio yang memiliki Badan Hukum LPK: Nomor Notaris: AHU-0306.AH.02.01. Tahun 2010 ini telah mempunyai 12 penyiar yang terdiri dari berbagai profesi, seperti guru, tukang, mahasiswa, karyawan pabrik, karyawan kebun, petani, dan pedagang. Untuk meningkatkan kapasitas penyiar, setiap jumat malam diadakan diskusi tentang materi penyiaran dan etika siaran, termasuk soal kearifan lokal. Dalam proses pengembangan komunitas, masyarakat diajak berpartisipasi untuk bergerak di bidang informasi dan hiburan.

Tentu info budaya tak lupa diselipkan di tiap materi siaran SAR FM. Misalnya pada program Sapa (Selamat Pagi), Genap (Gerak Sehat Dangdut Mantap), Lapor (Lagu Pop Remaja), atau dalam program yang benar-benar bernuansa etnis lokal, seperti Metal (Melayu Total), Marloba (Marlagu Batak), Campursari (Lagu Jawa), Padang (Lagu Padang), dan Laban (Lagu Banjar).

Sesekali diadakan juga dialog budaya dengan mengundang budayawan. Ambil contoh dialog Budaya Jawa dengan Pak Purwadi dari Pujakesuma sebagai narasumber-nya, atau Pagelaran Wayang dengan konsep perubahan iklim pada Desember 2011 lalu.

Mengenai dana operasional, pengurus radio setiap bulan menerima iuran dari anggota serta Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang ada. Termasuk juga dari kejar program, misalnya kerjasama dengan BMKG, ICCTF, dan LIPI dalam bentuk “Talkshow Program Sosialisasi Perubahan Iklim”, atau even-even lainnya yang bekerjasama dengan radio. Dalam hal program sosialisasi perubahan iklim ini, SAR FM pernah dinobatkan sebagai salah satu radio komunitas terbaik oleh LIPI.

Dialog Interaktif Satu Jam Bersama UKM
Salah satu program SAR FM adalah “Dialog Interaktif Satu Jam Bersama UKM”. Program ini diluncurkan dalam rangka memperkenalkan UKM yang ada di jangkau siar Radio SAR FM. Dialog akan dipandu narator (pembawa acara) dengan membuka layanan telepon untuk pendengar yang ingin mengetahui dari nara sumber (pengusaha) tentang produknya, baik keunggulannya, manfaatnya, kualitasnya, maupun kemudahan memperoleh produknya. Pendek kata, lewat program dialog ini SAR FM ingin mengajak para usahawan UKM untuk bercerita tentang usahanya sekaligus mengenalkan usahanya kepada publik.

Program ini diberlakukan sejak Maret 2012 dan tidak dipungut biaya apa pun. Namun setiap pengusaha UKM hanya diberikan kesempatan sekali untuk berdialog di radio selama satu jam, yakni pada sore (17:00 wib. s/d 18:00 WIB) dan malam hari (20:30 wib s/d 21:30 WIB). Bila si pengusaha ingin atau mau mengisi kembali dialog tersebut, barulah dikenakan biaya booking time sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pihak radio. Untuk para UKM ini, selanjutnya akan diberikan CD rekaman dialog tersebut.

Selain radio, di komunitas SAR FM ini juga ada koperasi, yaitu Koperasi Serba Usaha (KSU) SAR. Produknya adalah: 1. Simpan – Pinjam, 2. Tabungan Hari Besar, 3. Kredit Barang, 4. Tabungan Daging Hari Besar, 5. Perdagangan, dan 6. Percetakan. Koperasi ini didirikan oleh Kru dan Penyiar Radio SAR FM, sekaligus sebagai pengurusnya. Sedangkan anggotanya adalah kru, penyiar dan pendengar radio. Untuk info lebih lanjut, SAR FM dapat dihubungi di: 061-75224075, email: radio.sarfm@yahoo.com, atau: yusrizalsarfm@yahoo.com. Atau silahkan kunjungi: http://sarfm.blogspot.com. (juhendri)

Search

Arsip

Desa Penerap SID di Sumut

Data Kelompok

Kab/Kota Lk Pr Jlh Jlh Kel
Langkat 173 142 315 12
Binjai 26 31 57 3
Deli Serdang 783 766 1549 31
Serdang Bedagai 815 620 1435 49
Tebing Tinggi 36 126 162 5
Batu Bara 26 170 196 5
Lab Batu Uatara 490 306 796 2
Jumlah 2349 2161 4510 107